Jurnal Animasi dan Desain Grafis
Dwi Cahyo Satrio 11117813
Farhan Zain 12117196
Fandy Brilianto Adji 12117134
Gladia Amiranti 12117575
Jumaida Alviana 13117111
Joshua Michael 13117091
Maulana Fandi H 13117491
3KA08
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
ATA 2020/2021
PENDAHULUAN
Animasi berasal dari bahasa inggris “animate” yaitu menghidupkan, dan menggerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah menjadi hidup/bergerak. Animasi tersendiri atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak, Animasi (animation) adalah rangkaian proses dimana setiap frame dari sebuah film diproduksi satu persatu. Animation Character adalah satu aspek khusus dalam proses pembuatan animasi. Hal ini seperti menciptakan mahkluk hidup.
Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. Dalam desain grafis masalahnya mencakup berbagai bidang seperti teknik perencanaan gambar, bentuk, simbol, huruf, fotografi dan proses cetak disertai pula dengan pengetahuan tentang bahan dan biaya. Desain grafis biasanya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur tetapi sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
PEMBAHASAN
1. Prinsip Desain Grafis
1. Kesederhanaan
Demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca.
2. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal. Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal warna logo.
3. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4. Penekanan
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
5. Irama
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar objek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
6. Proporsi
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan - perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
2. Unsur Desain Grafis
Agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur yang harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Yang diantaranya yaitu:
1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
3. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan atau corak dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu objek (figure) dan latar belakang (background).
5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
3. Alat - Alat Animasi dan Desain Grafis
Ada banyak software desain grafis yang bisa digunakan untuk mulai belajar desain. Dari yang terpopuler dan bahkan sudah menjadi standar dalam industri desain grafis saat ini kebanyakan adalah produk-produk keluaran dari perusahaan Adobe. Sebut saja Photoshop, yang kehebatannya tidak perlu diragukan lagi untuk urusan manipulasi foto.
Selain Photoshop yang biasa digunakan untuk editing foto, masih ada lagi software desain grafis untuk urusan membuat desain vektor. Contoh software desain yang biasa digunakan dalam kategori vektor ini adalah Adobe Ilustrator dan Corel DRAW. Berikut software atau program aplikasi yang biasa digunakan dalam industri desain grafis oleh para profesional:
- Desain Grafis:
1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis paling populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik.
2. Adobe Ilustrator
Jika ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.
3. Adobe Indesign
InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.
4. Corel Draw
Dengan CorelDraw, kita mempunyai kontrol penuh untuk membuat hasil desain menjadi lebih cepat dan dinamis. Jika menggunakan CorelDraw versi X5 ke atas, kita mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT).
- Animasi:
1. 3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
2. Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visul, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
3. LightWave 3D
LightWave atau, lebih sesuai, LightWave 3D) adalah sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi. Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platform Linux.
Langkah-langkah Pembuatan Animasi dan Desain Grafis
· Animasi
1. Buka aplikasi sparkol yang sudah di download, kemudia login.
2. Setelah login, akan muncul halaman untuk membuat proyek video, klik tanda plus (+) untuk membuat halaman baru untuk pembuatan video.
3. tampilan awal
Pengenalan fungsi-fungsi pada menu halaman kerja :
1. Save : untuk menyimpan hasil kerja
2. Add an image to the canvas : untuk memasukkan gambar
3. Add an text to the canvas : untuk memasukkan dan mengatur jenis tulisan
4. Add an chart to the canvas : untuk memasukkan chart
5. Add or change a music track for this scribe : memberikan musik latar
6. Add or change the voiceover for this scribe : memberikan atau mengubah suara dubbing pada video
7. Change the paper textur and colour : mengubah tema atau tamplate lembar kerja
8. Select a different base hand for this scribe : untuk mengubah tampilan tangan pada video
9. Preview play the scribe : untuk melihat hasil dari scribe yang dibuat
10. Publish or render your scribe video : untuk men save hasil video
4. Kemudian pilih add an image to the canvas
5. Lalu pilih gambar yang diinginkan
6. Lembar kerja yang sudah di isi gambar
7. Atur berapa lama gambar bergerak sesuai keinginan
8. Jika ingin mengatur tamplate lembar kerja pilih change the paper textur and colour, kemudian pilih tema yang diinginkan
9. Masukkan beberapa gambar yang di inginkan dengan cara yang sama seperti dibawah
10. Jika sudah diatur semuanya maka tinggal di isi suara dengan cara klik add or change voice
· Desain Grafis
Pembuatan desain grafis menggunakan software Adobe Xd :
1. Klik File lalu Klik New, lalu ubah ukuran dokumen dengan yang di inginkan dengan menu Preset. Dan pada menu Size ada banyak pilihan ukuran jenis kertas yang sudah disediakan.
2. Jika sudah di atur, maka dapat memulai desain dengan ukuran desain yang telah disesuaikan sebelum nya.
3. Hasil desain grafis
KESIMPULAN
Desain Grafis adalah Suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan yang efektif. Sedangkan Animasi adalah Sekumpulan gambar yang bergerak dengan cepat secara terus menerus yang masing-masing dari gambar tersebut memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Maka dapat disimpulkan Animasi dan Desain Grafis memiliki kesatuan yang utuh, karena dengan teknik Desain Grafis, sebuah Animasi akan terdukung untuk menghasilkan output yang menarik.
REFERENSI
1. Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, Cetakan Keempat, 2003.
2. Dwi Agus Diartono , Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIII, No.2, Juli 2008 : 155-167 ISSN : 0854-9524
3. Sulistyo Puspitodjati, Bambang Baskoro, Daniel Hutasoit., Komputer Grafis dengan GIMP, Lembaga Pengembangan Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Depok, 2004.
Komentar
Posting Komentar